ATA MODO - Elegi Orang Komodo

Plakat Film Ata Modo Film dokumenter Ata Modo produksi WALHI NTT bersama Selamatkan Hutan Hujan dan OK Studio (© WALHI NTT)

29 Jul 2021

Film dokumenter Ata Modo - Elegi Orang Komodo - mengambarkan kehidupan orang asli pulau Komodo dengan biawak Komodo. Film ini produksi WALHI NTT bersama Selamatkan Hutan Hujan dan OK Studio.

Ata Modo (orang asli komodo) sudah sejak lama hidup berdampingan dengan biawak Komodo (Varanus komodoensis). Menurut kepercayaan Ata Modo, komodo merupakan saudara satu rahim mereka (sebae). Dengan kepercayaan inilah, masyarakat Ata Modo telah mempraktekan pola konservasi secara kultural terhadap komodo selama ribuan tahun. Namun, kehidupan masyarakat komodo dan komodo sedang menghadapi ancaman akibat berbagai kebijakan pemerintah yang mengedepankan pariwisata rakus lahan, rakus energi, rakus air dan berbasis investor skala besar.

Bagaimana realitas kehidupan Ata Modo berhadapan dengan kebijakan-kebijakan tersebut?

Pada tanggal 30 Juli 2021, sebuah film dokumenter produksi WALHI NTT bersama Selamatkan Hutan Hujan dan OK Studio.

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=O7nKbFx9Mo4

Film Ata Modo penting, karena pemerintah Indonesia ingin mempromosikan biowak komodo dan membuat Taman Nasional Komodo menjadi “Taman Jurassic“ bagi para turis kaya. Rancangan pembangunan di beberapa pulau ini mengancam komodo, dunia bawah laut yang mempesona dan Ata Modo (orang asli Komodo). Para Ata Modo benar-benar dikucilkan dari jenis baru pariwisata eksklusif ini.