Perubahan Iklim: Lindungi hutan dan tanah

Hutan dunia menyimpan karbon dalam jumlah yang sangat fantastis yaitu 438 gigaton. Hampir dua pertiganya tersimpan di hutan tropis. Karena itu sangat penting melestarikan hutan untuk melindungi iklim. Kita harus segera menghentikan penebangan dan penjarahan hutan di seluruh dunia.

Perubahan iklim: Lindungi hutan dan tanah humus

Hutan melindungi iklim

Kehidupan di bumi terdiri dari karbon – semua tumbuhan, jamur-jamuran dan hewan terdiri dari senyawa karbon organik. Tumbuh-tumbuhan mengikat karbon dioksida pada saat fotosintesa dari udara dan darinya membentuk biomassa. Jamur-jamuran dan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan menyerap karbon ke dalam tubuh mereka.

Vegetasi bumi menarik sejumlah besar karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan menyimpannya dalam biomassa. 438 gigaton karbon (Gt C) terkandung dalam vegetasi bumi. Dan tentu saja lautan samudra adalah juga penyimpan karbon yang penting.

Bila hutan digunduli, dibakar, bila lahan dibuka dan rawa dikeringkan, maka biomassa akan terurai dan karbon yang terkandung di dalamnya akan terurai menjadi CO2 ke atmosfer. 839 gigaton karbon saat kini terkandung di dalam atmosfer bumi – dengan kecenderungan naik.

Satu catatan: Untuk bisa langsung membandingkan nilai, keterangan jumlah mengacu pada jumlah karbon yang terkandung dalam karbon dioksida di udara.