Tentang kami

Anggota tim Selamatkan Hutan Hujan di Hamburg Selamatkan Hutan Hujan: kami bergiat demi kelestarian lingkungan hidup untuk generasi mendatang (Staf di Hamburg) (© Patrick Sertore) Buldoser di Taman Nasional Cross River © Rettet den Regenwald / Mathias Rittgerott Masyarakat adat di Kalimantan Tengah berdemo © SOB

Memberikan suara kepada hutan hujan - itulah misi kami. Kami ingin melestarikannya dan keragaman dan kemegahannya. Sebagai surga keanekaragaman hayati, benteng melawan krisis iklim dan rumah bagi jutaan manusia. Tetapi hutan terancam dan menghilang dengan cepat. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan para pembela lingkungan yang berkomitmen dan berani di seluruh dunia.

 

Bertindak secara konsisten

Selamatkan Hutan Hujan punya tujuan jelas yaitu melestarikan hutan hujan di bumi ini sebagai ekosistim yang sangat berharga dan habitat bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Hutan hujan memiliki pengaruh besar pada sistem iklim bumi. Hak asasi manusia, hak atas tanah serta hak-hak alam merupakan hal yang utama bagi kami. 

Situasi yang dramatis. Penyelamatan hutan hujan tidak mengenal kompromi. Oleh karena itu kami ungkap fakta-fakta secara gamblang dan menuntut tindakan yang konsekuen.

Kita bisa menyelematkannya

Kita bisa menghentikan perusakan hutan hujan jika kita bisa mengungkap kepentingan-kepentingan tersembunyi dan membeberkannya lalu mengorganisir aksi protes dan berjejaringan dengan tokoh-tokoh penting lainnya. Dari cara hidup masyarakat adat kita bisa belajar bagaimana memanfaatkan hutan hujan dengan arif dan melestarikannya.

Memperkuat mitra setempat

Mitra kerja dari Selamatkan Hutan Hujan hadir di lokasi untuk mengungkap rencana deforestasi sedini mungkin. Mereka menyokong penduduk yang terdampak untuk memobilisasi dirinya sendiri dan menjelaskan hak-haknya. Sebisa mungkin mereka melindungi wilayah dan merebutnya kembali agar mereka bersama dengan penduduk setempat menjaganya dalam jangka panjang. Beberapa mitra kami dengan lebih terperinci kami urai dalam kolom sumbangan.

 

Memobilisasi masyarakat

Di hutanhujan.org dan di buletin „Regenwald Report“, LSM Selamatkan Hutan Hujan menginformasikan tentang rencana dan tindakan para perusahaan dan pemerintah. Kami sampaikan dampak dari keserakahan, kami mengorganisir aksi protes dan kampanye. Petisi online kami ditandatangani oleh ratusan ribu pendukung. Solidaritas mereka memperkuat mitra kerja kami. Anda sudah tahu petisi aktual kami?

Mendorong perlindungan alam

Kami memberi tekanan pada politisi dan pemerintahan. UU dan peraturan yang berlaku telah membawa biodiversitas dan iklim ke jalan buntu. Kita butuh politik baru, pola hidup dan bisnis yang lain agar bisa menciptakan keseimbangan yang alami.

Transparansi dan efisiensi

Pekerjaan Selamatkan Hutan Hujan dijalankan melalui proses dan jaringan digital agar biaya administrasi lebih irit. Semua pemasukan dan pengeluaran diumumkan di laporan tahunan.

Transparensi bagi kami, sebagai organisasi nirlaba, sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dan untuk membuat jelas pekerjaan kami bagi masyarakat umum dan pendukung kami. Atas dasar ini kami telah menggabungkan diri pada Inisiatif Masyarakat Sipil Transparan (Initiative Transparente Zivilgesellschaft - ITZ). Kami hindarkan pengsertifikasian contohnya untuk segel donasi, karena hal ini sangat mahal dan fungsi pengawasan yang sebenarnya oleh institusi ini tidak berjalan. Atas pertanyaan yang tidak terjawab dalam laporan tahunan kami, akan kami respon langsung tanpa ditunda-tunda.

Cakupan tindakan kami

Hutan hujan adalah sebuah ekosistim yang kompleks. Seiring dengan itu wilayah kerja kami beragam dan berjejaring.

Iklim: Hutan hujan dan terutama rawa gambut mempunyai fungsi penting bagi iklim dunia. Krisis iklim bisa kita cegah hanya dengan kawasan hutan hujan yang luas dan utuh.

Biodiversitas/keragaman hidup: Biodiversitas adalah landasan hidup di bumi dan sekaligus sangat terancam. Hutan hujan adalah hotspot keaneka ragaman hayati yang harus kita lestarikan.

Kayu tropis: Di toko-toko sering kita jumpai parket, pintu, bingkai jendela dan mebel taman dari kayu tropis. Hanya penghindaran penggunaan kayu tropis yang konsekuen maka hutan hujan dapat ditolong.

Minyak sawit: Anda pasti membeli minyak sawit! Mungkin belum sadar bahwa bahan ini merusak hutan hujan dan masih ada di banyak barang kebutuhan sehari-hari. Anda baca di sini dampak apa saja yang disembunyikan minyak sawit.

Bahan baku: Emas, batu bara, minyak, tembaga, besi, nikel - daftar kekayaan alam di hutan hujan panjang. Dan semakin banyak kita mengkonsumsi, maka semakin dalam pertambangan menggali hutan hujan - dan olehnya terjadi perusakan dan pencemaran.

Nikel untuk mobil listrik dan bahan baku lainnya: Emas, batu bara, minyak, tembaga, besi, nikel - daftar kekayaan alam di hutan hujan panjang. Dan semakin banyak kita mengkonsumsi, maka semakin dalam pertambangan menggali hutan hujan - dan olehnya terjadi perusakan dan pencemaran.

Energi agraria dan biodiesel: Listrik dan panas termal dari minyak nabati seperti minyak sawit serta bioetanol dan biodiesel untuk transportasi jelas merupakan energi tebas habis, perusak iklim dan penyebab kelaparan bagi jutaan manusia.

Hak atas hutan, hak-alam dan perampasan tanah: Berbagai negara, perusahaan dan spekulan menyewa lahan luas di Afrika, Amerika Selatan dan Asia Tenggara untuk memproduksi ekspor bahan makanan dan bahan bakar nabati – sebuah tragedi bagi penduduk setempat dan alam.

Wilayah kerja lainnya dan keterangan rinci Anda temukan di halaman topik.

Tim Selamatkan Hutan Hujan

Selamatkan Hutan Hujan (Rettet den Regenwald e.V.) telah bekerja untuk melindungi hutan hujan terakhir di dunia selama 34 tahun. Organisasi nirlaba dan independen dari pemerintah dan partai politik berbasis di Hamburg, Jerman (Register of Associations: Hamburg District Court VR 11790).

Asosiasi ini dibiayai oleh sumbangan, yang hampir secara eksklusif berasal dari perorangan.

Dewan Eksekutif: Ketua 1 Bettina Behrend, Ph.D., dan Ketua 2 Marianne Klute. Pada akhir tahun 2021, tim kami terdiri dari 20 orang, sebagian bekerja penuh waktu, sebagian besar paruh waktu. Mereka semua berkontribusi secara setara terhadap keberhasilan organisasi kami.

Hutan hujan membutuhkan kamu!

  • Bersama-sama kita jaga habitat dan budaya masyarakat adat.
  • Bersama-sama kita lindungi hewan yang terancam punah seperti orang utan, simpanse dan burung cendrawasih.
  • Bersama-sama kita lestarikan ekosistim yang luar biasa uniknya.
  • Bersama-sama kita semangati para aktivis dalam aksi protes damai untuk tempat tinggalnya.
  • Bersama-sama kita protes tindak perusakan oleh perusahaan dan politik.
  • Bersama-sama kita goncang dunia dan informasikan dampak penebangan hutan hujan.

Bersama-sama kita kuat dalam memperjuangkan hutan hujan, biodiversitas dan iklim.