Jaguar di Cagar biosfer Indio Maiz di Nikaragua © Indio Maiz Reserva Biologica

Melestarikan biodiversitas Amerika Latin

Di wilayah Amazon tumbuh hutan hujan terluas dan terkenal di dunia. Jaguar, bayan sejati dan katak beracun hidup disini serta ratusan kelompok masyarakat adat.

Sumbang sekarang

Dari Meksiko menuju Amerika Tengah hingga Argentina di Amerika Selatan banyak terdapat wilayah hutan tropis dan ekosistem dengan biodiversitas yang sangat beragam: Di sepanjang pesisir pantai dan Amazon terbantang hutan hujan yang luas, di Brasil terdapat sabana Cerrado dan di selatan Paraguay ada hutan kering di Chaco.

Kini ruang alam yang sangat beragam itu terancam oleh industri kayu, agraria, pertambangan dan energi. Monokultur kelapa sawit, soya, tebu, penangkaran hewan dan tambang bauksit, bijih besi dan emas yang beracun dan PLTA yang merusak dan mencemari lingkungan.

Ada cara lain yang ditunjukkan masyarakat adat yang hidup di sana. Dengan gaya hidupnya yang ramah lingkungan, mereka telah berhasil melestarikan hutannya dan menjaganya bersama dengan organisasi lingkungan dan HAM. Oleh karena itu mereka membutuhkan dukungan kita.

Hutan hujan di Amazon berperan penting bagi sistem iklim dunia. Kita harus mencegah penebangan selanjutnya untuk menjaga kelestarian siklus alam yang kompleks. Tolong bantu kami!

Donasi Anda untuk Amerika Latin mendukung proyek-proyek seperti di bawah ini:

perempuan Kaapor di hutan Amazon di Brasil

Suku Kaapor melindungi hutan hujan Amazon di Brasil

Suku Kaapor telah melindungi dan mempertahankan wilayah hutan hujan yang luas yang masih tersisa di tenggara wilayah Amazon. Namun mereka sering diancam oleh penebang liar, peternak hewan dan perusahaan pertambangan. Suku Kaapor membutuhkan dukungan agar bisa efektif mencegah perusakan dan melindungi hutan rimba mereka.

Hutan hujan pegunungan Los Cedros, Ekuador

Hutan hujan pegunungan di Ekuador butuh perlindungan

Hutan hujan pegunungan di pegunungan Andes di utara Ekuador sangat memukau karena tingginya biodiversitas. Namun pemerintah dan beberapa perusahaan asing berencana membangun tambang bahan mentah seperti emas dan tembaga. Penduduk setempat telah bergabung dengan berbagai inisiatif seperti OMASNE dan berhasil menentang perencanaan tersebut.

Puing-puing situs Maya Ek Balam di Yucatán

Melindungi hutan hujan di Meksiko bersama koperasi masyarakat adat perempuan Túumben K'óoben

Hutan adat suku Maya merupakan wilayah hutan tropis terluas di Amerika Tengah dan tempat tinggal monyet howler, tapir dan jaguar. Sebuah koperasi masyarakat adat perempuan Maya ingin membeli lahan hutan hujan untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh proyek infrastruktur dan menjaga kelestarian alam dan tradisi mereka.

sumbangan Anda untuk hutan hujan

Jaguar di Cagar biosfer Indio Maiz di Nikaragua
 

Menulis langsung sumbangan disini

Tanda terima donasi Tanda terima donasi hanya dapat diberikan khusus bagi donasi dari Jerman.

Status nirlaba Rettet den Regenwald e.V. (Selamatkan Hutan Hujan) diakui sebagi organisasi nirlaba di Jerman.

Data yang aman Data Anda dikirim secara terenkripsi (TSL/SSL) dengan demikian saat pengiriman terlindungi dari kepentingan pihak ke tiga.

Berhenti berdonasi Donasi rutin setiap saat bisa dihentikan, silahkan tulis ke info@hutanhujan.org atau menelfon kami di +49 40 228 510 831.

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!