Hutan di Eropa dihanguskan

Dua beruang coklat di hutan Beruang di hutan rimba: sebentar lagi menjadi sejarah? (© anzeletti / iStock)
129.302 Pendukung

Di hutan rimba di pegunungan Karpaten masih hidup beruang dan serigala. Namun perusahaan-perusahaan nakal membakar lereng pegunungan itu. Juga perusahaan Schweighofer mengolah kayu dari pohon yang asal usulnya diragukan. Sebagian kayu dijual ke Jerman. Kementrian Lingkungan Hidup Rumania harus mencegah penebangan ilegal tersebut.

seruan

Kepada: Kementrian Lingkungan Hidup Rumania

“Di Karpaten hutan ditebang tanpa ampun. Juga perusahaan Schweighofer mengolah kayu yang tidak jelas asal usulnya. Hindarilah pemotongan kayu ilegal.”

Membaca surat

Di wilayah Karpaten perusahaan kayu menebang pohon secara ilegal. Sejak tahun 1989 400.000 hektar hutan ditebang tanpa ijin. Kayu dari Rumania diolah menjadi parket dan pelet kayu lalu diekspor. „Salah satu hutan rimba di Eropa yang masih tersisa ditebang guna pembangunan rumah di Austria dan Jerman“, ujar Alexander von Bismarck, pemimpin Environmental Investigation Agency (EIA).

Perusahaan kayu Schweighofer dari Austria berandil besar atas musnahnya hutan di Rumania. Sejak berminggu-minggu perusahaan tersebut terkait dalam skandal manipulasi surat ijin pengiriman, konsensi yang tidak transparan dan kasus suap.

Rekaman film dari EIA membuktikan praktek perusahaan Schweighofer. Von Bismarck telah menyamar sebagai pedagang kayu dan bernegoisasi dengan wakil perusahaan. Menurutnya perusahaan tersebut sadar dan sengaja membeli kayu yang ditebang ilegal.

Ketua perusahaan Gerald Schweighofer menampik kebenaran berita dalam film itu.

Sebuah surat yang ditulisnya kepada kepada Perdana Mentri Rumania Victor Ponta jadi patokan. Surat itu berisi agar UU Kehutanan yang baru yang sangat membatasi itu dihindari. Ia mengancam secara tidak langsung akan menuntut Rumania di depan pengadilan arbitrasi internasional.

Saat kini Schweighofer akan mengolah kayu lebih banyak lagi di tempat pemotongan kayu yang baru di wilayah Reci. Perusahaan tersebut telah menginvestasi 150 juta Euro. Aktivis lingkungan Rumania Hans Hedrich menyebut usaha tersebut sebagai ilegal sebab tanpa analisis dampak lingkungan (AMDAL). Menurutnya „sistim Schweighofer“ akan hancur bila usahanya ditutup secara permanen: „Ini adalah langkah awal melindungi hutan.“

Oleh karena itu Perdana Mentri Rumania tidak boleh memberikan ijin bagi pemotongan kayu di Reci dan harus memberantas perdagangan kayu ilegal.

Latar belakang

Aktivis lingkungan dan jurnalis memberitakan kegiatan „mafia kayu“. Pemilik hutan, perusahaan kayu, politisi, wakil pejabat dan polisi saling bekerja sama.

Asal usul kayu yang ditebang ditutup-tutupi, dengan jalan perusahaan menebang pohon di suatu tempat lebih dari yang diijinkan dan mencampur potongan kayu yang ilegal dengan yang legal. Menurut para ahli setempat surat ijin pengiriman sering dipalsukan. „Pemasok sering membuat pekerjaan yang kotor“, ujar Hans Hedrich dari organisasi Rumania „Jalan Baru“.

Perusahaan kayu Schweighofer aktiv di Rumania sejak 2002 dan telah menginvestasi 778 juta Euro. Tahun 2013 perusahan tersebut meraih penjualan sebesar 510 juta Euro, untuk tahun 2015 ditargetkan 700 juta Euro. Jumlah pegawai akan ditambah dari 2600 menjadi 3150 pegawai.

Penduduk setempat mengeluh, karena Schweighofer secara sistematis diuntungkan dalam pelelangan. Hans Hedrich menyebutnya sebagai „hak istimewa feodal“.

Surat

Kepada: Kementrian Lingkungan Hidup Rumania

Yang terhormat Ibu-ibu dan Bapak-Bapak,

Hutan di Karpaten termasuk sebagai hutan rimba yang masih tersisa di Eropa. Disana masih terdapat beruang, serigala dan lynx; jenis-jenis hewan yang tidak ditemukan lagi di tempat lain.
Namun sayang surga alam yang tak tergantikan ini dalam bahaya. Banyak perusahaan yang menebang wilayah hutan tanpa ampun. Sejak 1989 sekitar 400.000 hektar hutan telah ditebang tanpa ijin.

Sementara ini negara Anda sedang digoncang skandal dari perusahaan kayu Schweighofer. Rekaman film dari Environmental Investigation Agency (EIA) menunjukkan bahwa Schweighofer juga membeli kayu dari sumber yang tidak bisa dipercaya, mengolahnya dan mengekspor. Organisasi lingkungan dan jurnalis lainnya meberikan tuduhan yang sama.

Perusahaan kayu Schweighofer akan mengoperasikan pemotongan kayu lainnya di Reci. Menurut perkiraaan aktivis lingkungan pembangunannya telah melanggar UU. Beberapa proses sedang menanti persidangan. Tidak tertutup kemungkinan bahwa di tempat pemotongan tersebut nantinya akan diolah juga kayu ilegal.

Tolong tolak ijin pemotongan kayu milik perusahaan Schweighofer di Reci dan berantaslah segala pemotongan kayu ilegal di Rumania.

Dengan hormat

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!