Dibunuh demi politik energi

Orang Utan setengah mati dan diikat Ilmuwan: 100.000 orang utan dibunuh dalam 10 tahun yang lalu demi sawit (© Collage RdR)
423.236 Pendukung

Dengan setiap liter solar dan bensin, kami menggunakan minyak rapa dan sawit, gandum, jagung atau tebu, karena banyak negara mendorong program biofuel. Dampaknya: kerusakan lingkungan dan sosial yang luarbiasa. Karena minyak sawit populasi orang utan anjlok sekitar 100.000 ekor. Uni Eropa saat ini sedang menentukan kebijakan bioenergi.

Berita & update seruan

Kepada: Komisi Uni Eropa, Parlemen Uni Eropa, Dewan Menteri Uni Eropa dan pemerintah dari 28 negara anggota

“Biofuel adalah jalan buntu dan harus segera distopp.”

Membaca surat

Menurut perhitungan terbaru, 61 persen impor minyak sawit UE digunakan untuk biodiesel dan listrik. Minggu ini mentri perekonomian Jerman, Peter Altmeier, bersama dengan mentri-mentri lainnya di Eropa akan membuat keputusan tentang peraturan energi Eropa dan dengan begitu tentang pemusnahan orang utan!

Di 28 negara anggota UE, mobil dan truk membakar 22 miliar liter biofuel pada 2016 saja. Komisi Eropa merencanakan melanjutkan pembakaran makanan yang diubah menjadi etanol dan biodiesel di dalam kendaraan. 

Monokultur untuk etanol dan biodiesel menghancurkan hutan hujan. Sejumlah besar karbon lolos ke atmosfer.

Ini juga merupakan temuan studi yang, meskipun ditugaskan oleh UE, tidak langsung dipublikasikan oleh Komisi Uni Eropa. Biodiesel dari minyak kelapa sawit menyebabkan tiga kali lebih banyak emisi yang merusak iklim dibanding dengan emosi dari minyak tanah. Biodiesel dari minyak rapa dan kedelai (soya) juga memiliki jejak karbon negatif.

Areal yang dibudidayakan untuk biofuel UE saja sesuai dengan 8,8 juta hektar - sama dengan luasnya Austria. Dua pertiga di antaranya berada di luar UE. Menurut studi UE, lebih dari dua juta hektar perkebunan kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia dialokasikan untuk kebutuhan biodiesel UE saja.

Orang utan, harimau dan badak kehilangan habitatnya. Dalam waktu 16 tahun populasi orang utan di Kalimantan anjlok sekitar 100.000 ekor.

Diagramme de la consommation d'huile de palme dans l'Union européenne (UE) en 2017

Pada tahun 2017, Parlemen Eropa telah memutuskan untuk mengakhiri impor minyak sawit dan produksi biofuel yang mengakibatkan kehilangan hutan hujan. Komisi Eropa dituntut untuk melarang penggunaan minyak kelapa sawit untuk bahan bakar nabati paling lambat sampai 2020.

Kami sekarang memiliki kesempatan untuk mengakhiri campuran biofuel yang fatal.  Silakan menandatangani petisi kami.

Latar belakang

Angka produksi dan konsumsi biodiesel (FAME) dan biofuel terhidrogenasi (HVO Diesel) serta etanol di sektor transportasi di UE.

1. Biodiesel (FAME) dan HVO diesel di Uni Eropa dalam miliaran liter pada tahun 2016

Produksi total 14.7

HVO diesel 2.4

Konsumsi 14.9

Bahan baku biodiesel (FAME) dan HVO diesel dalam jutaan ton pada tahun 2016

Minyak rapa 6.1

Minyak kelapa sawit 2,4

Minyak goreng bekas (UCO) 2,4

Lemak hewan 1,1

Minyak kedelai 0,6

Minyak lainnya 0,4

Minyak bunga matahari 0.01

Minyak nabati lainnya 0,3

2. Etanol di Uni Eropa dalam miliaran liter pada tahun 2016

Produksi 6.0

Konsumsi 6.8

Bahan baku etanol dalam jutaan ton pada tahun 2016

Bit gula 8.8

Jagung 5.4

Gandum 4.0

Triticale (silang antara gandum dan rye) 0,7

Rye 0.6

Barley 0,5

Selulosa (kayu dll) 0,2

Sumber: USDA, 6-2017: Biofuel UE Tahunan 2017: https://gain.fas.usda.gov/Recent%20GAIN%20Publications/Biofuels%20Annual_The%20Hague_EU-28_6-19-2017.pdf

Informasi lebih lanjut:

Cerato, Sept. 2017. Pemikiran untuk makanan - Tinjauan interaksi antara konsumsi bahan bakar nabati dan pasar pangan: https://www.transportenvironment.org/sites/te/files/publications/Cerulogy_Thought-for-food_September2017.pdf

Laporan mengenai pemenang dan pecundang

ASIMETRIS 

Laporan asimetris menunjukkan mengapa manusia jatuh ke dalam pihak yang kalah dalam booming sawit.

Surat

Kepada: Komisi Uni Eropa, Parlemen Uni Eropa, Dewan Menteri Uni Eropa dan pemerintah dari 28 negara anggota

Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang terhormat,

negara-negara Uni Eropa mengkonsumsi sekitar 22 miliar liter biofuel dalam kendaraan. Karena jutaan manusia yang menderita kelaparan atau kekurangan gizi, mesti dipertanyakan apakah makanan seperti minyak nabati, jagung dan gandum boleh dikelola menjadi biofuel.

Kebutuhan lahan yang luar biasa untuk monokultur yang ditanam untuk tumbuhan energi menghancurkan keanekaragaman hayati dan menggantikan ekosistem unik seperti hutan hujan.

Terutama impor minyak sawit adalah hal yang serius. Perkebunan kelapa sawit industri tersebar di seluruh dunia dengan mengorbankan hutan hujan. Keanekaragaman hayati dihancurkan dan penduduk dipindahkan dari tanahnya.

Studi ilmiah yang ditugaskan oleh Komisi UE juga menyimpulkan bahwa biodiesel dari minyak sawit menyebabkan emisi gas rumah kaca tiga kali lebih banyak daripada bahan bakar fosil. Tapi juga biofuel dari minyak kedelai dan rapeseed memiliki jejak karbon negatif.

Aktivis lingkungan dan hak asasi manusia, ilmuwan, pakar pembangunan, organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan OECD, serta ribuan warga dari seluruh dunia, meminta Uni Eropa untuk mengakhiri kebijakan biofuel yang berbahaya.

Hormat saya,

Berita & update

berita · 9 Mei 2019

Kepunahan spesies mengancam kita semua

Orangutan di pohon

Punahnya hewan dan tumbuhan mengancam manusia. Satu juta spesies akan segera punah bila kita manusia terus merusak bumi seperti sekarang ini. Peraturan harus dirubah secara mendasar.

selanjutnya

berita · 6 Mei 2019

Laporan PBB: Satu juta spesies hewan dan tumbuhan bisa punah

Kepunahan masal yang disebabkan oleh manusia bisa mencapai satu juta jenis hewan dan tumbuhan. Percepatan yang merusak biodiversitas ini terus meningkat drastis.

selanjutnya

berita · 25 Apr 2019

Bagi kayu tropis dan kebun sawit: Perusakan hutan hujan semakin parah

Perusakan hutan tropis di tahun 2018 belum pernah separah sebelumnya. Terutama penebangan di hutan hujan yang belum terjamah: tahun lalu saja 3,6 juta hektar hutan primer ditebang. Luasnya lebih besar dari Belgia

selanjutnya

berita · 18 Mar 2019

Langkah singkat Uni Eropa menghentikan minyak sawit di "biosolar"

Biofuel dari minyak sawit tidak ramah lingkungan. Sekitar empat juta ton minyak tropis ini dipakai tiap tahunnya untuk dicampur ke dalam produksi biodiesel. Komisi Uni Eropa (UE) telah mengajukan peraturan mengurangi campuran minyak sawit secara berangsur hingga tahun 2030 nanti bebas sama sekali.

selanjutnya

berita · 13 Jun 2018

UE membakar hutan demi pelindungan iklim

Sungguh luar biasa! Demi melindungi iklim, Uni Eropa (UE) membakar hutan hujan. 1,2 juta hektar lahan ditumbuhi kebun sawit – bukan di Eropa melainkan di wilayah tropis.

selanjutnya

berita · 22 Feb 2018

Seekor orang utan diberondong dengan 130 peluru

Lagi-lagi pembunuhan seekor orang utan! Di Kalimantan Timur seekor orang utan jantan mati diberondong peluru senapan angin. Penyelamat hewan syok: mereka menemukan 130 peluru di tubuh hewan itu. Sekali lagi perusahaan perkebunan merasa terganggu oleh sepupu kita.

selanjutnya

berita · 22 Feb 2018

Ilmuwan: Kalimantan kehilangan lebih dari 100.000 orang utan

Kita kehilangan hampir 150.000 orang utan dari Kalimantan dalam 16 tahun terakhir ini akibat rusaknya habitat dan pembunuhan.

selanjutnya

Pesan buletin kami sekarang.

Tetap up-to-date dengan newsletter gratis kami - untuk menyelamatkan hutan hujan!