Ekuador: Mahkamah Konstitusi menyetujui hak-hak alam

Seekor katak duduk diatas daun © Morley Read

7 Feb 2022

Tahun 2008 Ekuador telah memasukan hak-hak alam ke dalam konstitusi. Tapi pemerintah hingga kini dengan ijin ekstraksi minyak bumi dan pertambangan baru di hutan hujan menentangnya. Sementara Mahkamah Konstitusi negara di benua Amerika Selatan ini telah membuat keputusan spektakuler: Hutan lindung Los Cedros bebas dari pertambangan.

Ekstraksi minyak bumi dan pertambangan di Ekuador, seperti di bagian lain di dunia, menyebabkan perusakan dan pencemaran alam seperti juga konflik tajam dengan penduduk setempat. Gugatan terhadap proyek-proyek semacam ini sering ditolak atau diabaikan. Oleh karena itu konstitusi negara yang disahkan tahun 2008 berpendapat bahwa hak-hak alam harus dilindungi.

Kini Mahkamah Konstitusi Ekuador meneliti apakah hak-hak alam dipatuhi. Para hakim telah memulai berbagai persidangan dan menyerukan publik untuk menyerahkan kasus-kasus yang diketahui, termasuk perencanaan pertambangan tembaga di hutan lindung Los Cedros dibarat laut ibu kota Quito. Sementara itu para penduduk di depan pengadilan setempat dengan dukungan masyarakat Cotacachi telah berhasil membuat gugatan. Namun Kementrian Pertambangan dan Lingkungan Hidup tidak menerima keputusan itu dan naik banding ke tingkat Pengadilan Tinggi.

Mahkamah Konstitusi telah mengakhiri persengketaan ini. Dalam tweetnya 1 Desember 2021 tertulis: “Pengadilan dalam keputusannya no.1149-19-JP/21 menyatakan pelanggaran hak hutan lindung Los Cedros dan menyusun hak-hak alam, air, lingkungan sehat dan konsultasi masyarakat.” Wilayah hutan hujan pegunungan seluas lebih dari 6000 hektar ini memiliki biodiversitas yang sangat banyak, diantaranya hewan terancam punah seperti beruang andes, monyet laba-laba berkepala coklat dan berbagai hewan amphibi. Selain itu masih banyak spesies endemik lainnya.

Ekosistem Los Cedros adalah penyandang hak atas eksistensi spesies hewan dan tumbuhan seperti juga pemeliharaan siklus, struktur, fungsi dan proses evolusinya”, tegas pengadilan dalam keputusannya. Dengan begitu semua ijin yang telah diberikan yang berhubungan dengan pertambangan harus dibatalkan. Kementrian Lingkungan Hidup harus membuat peraturan-peraturan kelestarian hutan lindung dan membuat perencanaan pengelolaan dan perawatan hutan.

LSM Selamatkan Hutan Hujan sudah sejak bertahun-tahun mendukung penduduk dan kelompok lingkungan setempat seperti DECOIN dan OMASNE menentang rencana pertambangan tembaga di wilayah Intag. Untuk perihal Los Cedros, Selamatkan Hutan Hujan telah membuat petisi Hak-hak alam lebih penting dari pertambangan di Ekuador. Lebih dari 116.000 orang terlibat dalam petisi ini. Ribuan terima kasih pada mereka yang turut berkecimpung.

Dari Ekuador teman kerja kami OMASNE, dimana kami juga mendukung pekerjaan mereka dengan donasi, menulis kepada kami: Terima kasih untuk kerja samanya, dengannya kami telah berhasil membebaskan Los Cedros dari pertambangan. Keputusan ini merupakan preseden penting di tingkat lokal, nasional dan internasional. Kesuksesan besar di akhir tahun!

Kita menunggu dengan seksama keputusan-keputusan atas kasus-kasus lainnya yang telah diteliti Mahkamah Konstitusi dan akan mengabarkannya.

Informasi selanjutnya:

- Kommuniqué resmi dari Mahkamah Konstitusi Ekuador

- Teks lengkap dari keputusan (119 halaman)