Kunjungan Presiden Jokowi dipantau oleh aktivis hutan hujan

Aksi hutan hujan - 18 April 2016 di depan Brandenburger Tor Aksi Selamatkan Hutan Hujan di Berlin (© Rettet den Regenwald)

18 Apr 2016

Kedatangan Presiden Joko Widodo di Berlin disambut oleh sekitar 30 aktivis Selamatkan Hutan Hujan dengan tuntutan „Adili pelaku pembakaran hutan!“ „Stop Biodiesel!“ dan „Hentikanlah impunity“

Presiden Joko Widodo disambut oleh aktivis Selamatkan Hutan Hujan dengan spanduk, poster dan seruan „Adili Pelaku Pembakaran Hutan!“, „Jangan lupa – bencana asap“ dan „Hentikan biodiesel“. Mulai dari Hotel Adlon tempat beliau berbicara di Business Forum dengan investor Jerman hingga penyambutan Kanselir Jerman Ibu Angela Merkel di kantornya dengan kehormatan negara dan militer, kami selalu berada ditempat. Sorenya aktivis Selamatkan Hutan Hujan berkumpul dengan aktivis Amnesty International, Watch Indonesia! dan masyarakat Indonesia di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia. Kami memperingatkan Jokowi atas pelanggaran HAM kini dan masa lalu: Jokowi, stop impunity!

Kami berhasil memberikan dua petisi kepada wakil delegasi Jokowi. Dua petisi tersebut ditandatangani oleh lebih dari 346.000 orang. Beberapa harian penting di Indonesia yang ada di tempat telah meliput siaran pers tentang petisi kami. Aksi kami juga muncul di berita TV One.

Aksi damai kami dan perjuangan kawan Indonesia tidak percuma. Pejabat Indonesia dan Jerman tidak boleh menutup mata atas pengrusakan hutan hujan. Pemerintah Indonesia harus segera menghentikan pengrusakan hutan hujan. Kami akan berjuang terus!