Pohon-pohon berdarah! Segera larang penebang kayu!

Gelondong kayu Rosewood yang ditebang ilegal di Madagaskar Palisander dan kayu hitam di Afrika ditebang ilegal (© CC BY-SA 3.0)

Dicat merah – seolah-olah berdarah – gelondong dari pohon palisander afrika yang tertumpuk di pinggir jalan. “Jika kita tidak cepat bertindak, hutan-hutan akan musnah “, ujar ahli ekologi Hazel Chapman. Taman nasional Gashaka Gumti juga terancam. Tuntut Mentri Lingkungan Hidup Nigeria Ibu Amina J. Mohammed melarang ekspor kayu itu.

seruan

Kepada: Ibu Amina J. Mohammed, Mentri Lingkungan Hidup Nigeria

Di negara bagian Taraba penebang kayu menebang palisander afrika dengan cepatnya. Kayu dijual ke Tiongkok. Tolong Anda segera menghentikan ekspor tersebut.

Membaca surat

Dengan cepatnya palisander afrika di negara bagian Taraba di Nigeria ditebang habis untuk dijual ke Tiongkok. Sejak setahun penebang terus merasuk ke hutan lebih jauh lagi. Pohon-pohon yang mereka tebang di bukit, dibiarkan jatuh bergelinding. “Apa yang tumbuh disana, langsung ditebang“, ujar Hazel Chapman: “hanya tinggal padang gundul.“ Perusahaan tidak perduli, bahwa palisander afrika (Pterocarpus Erinaceus) dilindungi dan dilarang ditebang.

Palisander afrika mempunyai peranan penting bagi ekosistem sabana di wilayah Sahel yang terbentang di tepian sahara di bagian barat, tengah dan timur Afrika. Hutan-hutan memberikan ruang hidup bagi simpanse dan meerkat hidung putih. Temuan ahli biologi mengamati berbagai kupu-kupu dan burung. Di hutan penduduk bisa mendapatkan makanan hewan, obat-obatan dan pewarna tekstil. Mereka melindungi alamnya.

Sebaliknya, para penebang merampas apa yang mereka bisa rampas. Suasananya seperti pada masa mabuk dulang emas jaman dulu.

 Tiongkok adalah tujuan perdagangan ini. Impor negara ini atas kayu palisander dan kayu hitam dari Afrika Barat antara tahun 2010 dan 2014 meningkat 700 persen. Hanya dalam 6 bulan pertama di tahun 2016 pedagang kayu telah mengantongi 216 juta dollar.

Meskipun negara bagian Taraba berjuang mencegah pengrusakan lingkungan, namun terlalu lemah untuk menghentikannya. Taraba bukanlah masalah satu-satunya: penebang kayu meninggalkan jejak penghancuran di seluruh Nigeria. Di negara bagian lainnya di Nigeria – Plateau – kabarnya perusahaan Tiongkok telah mendapatkan ijin menebang kayu di wilayah suaka.

Tolong tuntut Mentri Lingkungan Hidup Nigeria, Ibu Amina J. Mohammed untuk melarang ekspor palisander afrika.

Latar belakang

Sonokeling - Palisander Jawa - rawan penebangan liar

Nasib palisander jawa (sonokeling) mirip nasib palisander afrika. Kayu sonokeling ini harganya melebihi harga emas, mencapai puluhan juta. Tidak heran, penebangan ilegal sering terjadi. 2016 terdapat banyak kasus penebangan ilegal di Jawa, Lampung, Bima dan Lombok yang berhasil ditemukan, contohnya video ini: 

Penebangan sonokeling ilegal di pulau Jawa

Sonokeling – Palisander jawa atau rosewood indonesia (Dalbergia latifolia) ditanam di pulau Jawa. Secara biologis pohon ini memiliki tipe kayu yang sama dengan pohon rosewood india. Sejarahnya karena rosewood india semakin sedikit, maka pemerintah Belanda pada abad ke 18 membawa bibit pohon ini untuk ditanam di pulau Jawa. Namun karena perbedaan kondisi pertumbuhan maka warna kayu sonokeling agak sedikit berbeda dengan rosewood india. Kayu teras atau inti pohon sonokeling warnanya coklat hingga coklat tua, bisa juga keungu-unguan dengan garis-garis pembuluh yang beraturan, sangat dekoratif. Ditambah lagi harum kayu ini sangat aromatis. Biasanya kayu ini digunakan untuk membangun ruang interior yang indah, membuat mebel dan badan gitar. Pohon sonokeling hanya tumbuh di hutan-hutan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun, jumlahnya mulai berkurang. Namun karena ekspor dalam bentuk kayu bundar atau kayu mentah tidak diijinkan, maka kayu legal diekspor dalam bentuk yang sudah jadi.

Palisander Afrika dan kayu hitam dalam ancaman

Ahli ekologi, Ibu Hazel Chapman memimpin Nigerian Montane Forest Project yang berlokasi di tepi Ngel Nyaki Forest Reserve. Di video ini  beliau memperkenalkan proyeknya. Dalam artikel ini ia berbicara tentang ancaman dan keunikan hutan gunung Nigeria.

Guinea, Ghana, Gambia dan Senegal - di Afrika Barat alam dibanyak tempat menderita akibat bisnis kayu palisander afrika dan kayu hitam. Bila ekspor ke luar negeri diperketat, maka kayu itu akan dibawa ke negara tetangga dengan truk dan dari sana dikirim lewat kapal laut.

Sumber lainnya:

http://www.ucl.ac.uk/gashaka/origins/

http://naija247news.com/2016/08/chinese-demand-rosewood-spurs-illicit-trade-nigeria-west-africas-savannas/

http://leadership.ng/features/512461/plateau-community-cries-chinese-firm-log-pandam-game-reserve

http://leadership.ng/news/523629/deforestation-reps-investigate-incessant-felling-trees

https://www.interpol.int/News-and-media/News/2015/N2015-206

http://www.ithacaweb.org/static/media/uploads/maps/sahel/Sahel_NDVI1Oct11_deviation_average.jpg

Surat

Kepada: Ibu Amina J. Mohammed, Mentri Lingkungan Hidup Nigeria

Yang terhormat Ibu Mentri Amina J. Mohammed,

di negara bagian Taraba penebang kayu menebang palisander afrika dengan cepatnya untuk dijual ke Tiongkok. Juga di negara-negara bagian lainnya mereka menghancurkan hutan-hutan yang sangat berharga.

Palisander mempunyai peranan penting bagi ekosistim sabana. Oleh karena itu pohon ini dilindungi dan dilarang ditebang. Penebang kayu nampaknya tidak menggubris larangan dan peraturan.

Aktivis lingkungan di lokasi memperingatkan: taman nasional Gashaka Gumti juga terancam. Jika kita tidak menghentikan penebang kayu, hutan akan musnah.

Tolong Anda larang ekspor palisander afrika dari Nigeria dan jalankan larangan yang berlaku. Tolong terapkan juga larangan ekspor di negara-negara tetangga Nigeria.

Dengan hormat

Please sign

Help us reach 150.000:

137.684
aktivitas sebelumnya