Hentikan “perusahaan terburuk di dunia“ - Cargill

Kebakaran hutan + Logo Cargill Di Amerika Latin hutan dibakar untuk dijadikan lahan ladang (© Rettet den Regenwald / Mathias Rittgerott)

„Perusahaan terburuk di dunia“ adalah raksasa yang tak terkenal: Cargill. Perusahaan ini bertanggung jawab atas perusakan lingkungan hidup dan pelanggaran HAM. Sawit, kedelai, daging, kakao – pedagang terbesar produk pertanian berpenghasilan miliaran dollar dan tak perduli dengan kejahatan yang dilakukannya. Kita harus hentikan Cargill!

seruan

Kepada: Pimpinan perusahaan McDonald’s, Burger King, Unilever dan lainnya

Membaca surat

Banyak pelaku perusak lingkungan. Produsen coklat bernama, perusahaan minyak sawit yang tak terhitung jumlahnya, rantai makanan cepat saji global – banyak dari mereka turut andil merusak hutan, sabana dan ekosistim lainnya di dunia.

Tapi ada satu perusahaan menganggap hal ini sepele: Cargill.

Bila yang lain adalah ikan piranha, maka Cargill adalah hiu putih besar. Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini memiliki „kisah kotor selama 80 tahun karena penipuan, penyesatan dan perusakan“ dan dinyatakan oleh organisasi Mighty Earth sebagai „perusahaan terburuk di dunia“. Laporannya dengan detail menjelaskan bagaimana Cargill ambil profit dari pemusnahan lingkungan hidup dan eksploitasi manusia dan dengan keras mengelak perubahan yang diperlukan.

- Di Brazil, Argentina, Paraguay dan Bolivia Cargill terlibat dalam perusakan besar ekosistim di Amazon, Grand Chaco dan Cerrado guna produksi kedelainya dan daging sapi.

- Di Pantai Gading dan Ghana Cargill membeli kakao yang ditanam di wilayah-wilayah suaka hingga ke taman nasional. Cargill nampak sadar, bahwa penanaman kakao melibatkan pekerja anak.

- Di Indonesia dan Malaysia Cargill membeli minyak sawit dari perusahaan-perusahaan yang ilegal menebang dan membakar hutan hujan serta terlibat dalam perbudakan dan pekerja anak.

Cargill mengabaikannya; Profit berada di atas moral.

Sejak bertahun-tahun Cargill berjanji menghapus penebangan hutan, perusakan lingkungan hidup dan pelanggaran HAM di rantai suplai miliknya. Tapi itu bohong besar.

Kita para konsumen hampir tidak bisa menghindari Cargill – Tapi pelanggan Cargill bisa! Rantai restauran, supermarket dan perusahaan barang konsumsi seperti McDonald’s, Burger King, Unilever dan banyak lainnya.

Kami menuntut perusahaan ini: Jangan beli barang produksi Cargill lagi dan jangan mengibuli kami!



Latar belakang

Perusahaan Cargill

Cargill dari negara bagian Minnesota adalah perusahaan keluarga terbesar di Amerika Serikat. Tak ada keluarga lain di dunia ini yang termasuk top miliarder.

Pranala lainnya:

https://beritajatim.com/peristiwa/ribuan-warga-manyar-gresik-demo-pt-cargil-indonesia/

https://www.infosawit.com/news/8891/sime-darby-dianggap-langgar-aturan-jual-perkebunan-kelapa-sawit-yang-masih-berkonflik

https://www.nytimes.com/2017/02/24/business/energy-environment/deforestation-brazil-bolivia-south-america.html?_r=1

https://grist.org/article/how-cargill-went-from-corporate-climate-hero-to-the-worst/?utm_medium=email&utm_source=newsletter&utm_campaign=daily

https://www.watson.de/wissen/klima/242284545-cargill-edeka-und-lidl-arbeiten-mit-schlimmsten-unternehmen-der-welt-zusammen

https://www.theguardian.com/sustainable-business/2015/dec/07/food-climate-footprint-cargill-tyson-yara-netherlands

https://news.mongabay.com/2019/07/cargill-rejects-cerrado-soy-moratorium-pledges-30-million-search-for-ideas

https://grist.org/article/cargill-promised-to-end-deforestation-its-telling-farmers-something-else/

https://www.cargill.com/news/releases/2014/NA31693655.jsp





Surat

Kepada: Pimpinan perusahaan McDonald’s, Burger King, Unilever dan lainnya

Yang terhormat Ibu-ibu dan Bapak-bapak,


Cargill termasuk pemasok Anda yang penting – sebuah perusahaan yang dinyatakan oleh para aktivis lingkungan sebagai „perusahaan terburuk di dunia“. Menurut laporan organisasi Mighty Earth Cargill melakukan „pola penipuan dan perusakan yang meresahkan dan terus menerus“. Olehnya Cargill bertanggung jawab atas besarnya perusakan lingkungan dan pelanggaran HAM.

- Di Brazil, Argentina, Paraguay dan Bolivia Cargill terlibat dalam perusakan besar ekosistim di Amazon, Grand Chaco dan Cerrado guna produksi kedelainya dan daging sapi. Cargil memanfaatkan kekacauan politik Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang menentang masyarakat adat dan lingkungan hidup guna keuntungannya sendiri.

- Di Pantai Gading dan Ghana perusahaan Cargill membeli kakao yang ditanam di wilayah-wilayah suaka hingga ke taman nasional. Cargill nampak menyadari penanaman kakao melibatkan pekerja anak.

- Di Indonesia dan Malaysia Cargil membeli minyak sawit dari perusahaan-perusahaan yang ilegal menebang dan membakar hutan hujan serta terlibat dalam perbudakan dan pekerja anak.

Sejak bertahun-tahun Cargill berjanji menghapus penebangan hutan, perusakan lingkungan dan pelanggaran HAM di rantai suplai miliknya. Tapi itu bohong besar. Cargill terus membumi ratakan ekosistim yang masih alami.

Setidak-tidaknya sejak laporan dipublikasikan Anda sudah tahu tentang metode kriminal Cargil ini. Jika Anda dan perusahaan Anda terus membeli barang dari Cargill, maka Anda dengan sadar menerima dan mendukung kejahatan menentang alam dan manusia.

Hanya ada satu pemecahan: Jangan beli lagi produk dari Cargill hingga perusahaan ini berubah.

Cargill harus:

- Menghentikan penebangan dan perusakan lingkungan diseluruh rantai pasokannya.
- Menjamin transparasi yang jelas atas hal pengadaan barang dan rantai pasokan.
- Menjalankan metode produksi yang ramah lingkungan seperti agroforestri (wanatani).
- Mengurangi emisi gas rumah kaca secara menyeluruh.
- Menghormati hak-hak masyarakat adat dan penduduk setempat.
- Menghentikan pekerja anak.

Jangan berbohong lagi!

Dengan hormat

Petisi ini tersedia dalam bahasa-bahasa berikut:

122.149

Bantulah kami mencapai 150.000:

aktivitas sebelumnya