Uni Eropa (UE) harus melindungi hutan, bukan membakarnya

kolase bioenergi Membakar masal pohon dan hutan di pembangkit listrik bukanlah klima netral dan ramah lingkungan (© shutterstock.com + istockphoto.com - Collage RdR)

Kita harus segera mengalihkan pasokan energi dari fosil ke sumber terbarukan. Namun membakar segala pohon dan hutan di sebuah pembangkit listrik bukanlah klima netral dan ramah lingkungan. Tolong hapus pembakaran kayu dari tujuan UE atas energi terbarukan dan tidak lagi memberikan subsidi.

seruan

“Pembakaran masal kayu hutan harus dihapus dari tujuan energi terbarukan UE dan tidak disubsidi dengan milyaran Euro.”

Membaca surat

Kini Uni Eropa (UE) akan mengambil keputusan penting tentang apa reaksi kita atas krisis iklim dan biodiversitas, bagaimana kita menghasilkan energi dan bagaimana kita melindungi alam dan biodiversitas. Keputusan ini akan mempengaruhi kita selama berpuluh-puluh tahun.

Kini saatnya memberi tahu pejabat UE: Kayu sebagai bahan bakar adalah bencana bagi hutan dan iklim dan bukanlah hal yang diharapkan manusia atas “energi terbarukan”.

Kemisikinan energi adalah masalah sangat serius di UE dan banyak orang yang bergantung pada pembakaran kayu untuk pemanas. Dengan demikian petisi ini secara umum tidak menentang pembakaran kayu bagi perolehan energi.

Dengan subsidi milyaran rupiah bagi bio energi, negara-negara UE menjadi penyebab semakin banyaknya penebangan kayu sehingga emisi CO2 meningkat dan merusak ekosistim hutan. Dampak dari emisi gas rumah kaca semakin parah sebab pembakaran kayu banyak menghabiskan dana umum. Dana ini sebaiknya diinvestasikan di tehnologi energi terbarukan yang bebas emisi seperti sinar matahari dan angin.

Jumlah kayu yang dibakar untuk pembangkit listrik dan panas naik drastis sejak UE mulai memasukkan pembakaran kayu itu kedalam tujuannya atas energi terbarukan. Sementara itu di UE lebih dari sepertiga energi terbarukan bersumber dari pembakaran kayu dimana sebagian besar darinya berasal langsung dari hutan.

Energi dari kayu tidak hanya berpengaruh pada hutan dan iklim, tapi juga pada kesehatan kita. Pembakaran kayu adalah salah satu penyebab utama polusi. Di UE lebih dari 1000 orang tiap harinya meninggal karena polusi.

Tolong dukung petisi berikut dan bantu menghentikan penebangan hutan kita.

Latar belakang

Hutan kita memberikan kita udara segar dan air bersih, membantu mengatur curah hujan dan ketinggian air di sungai dan mencegah tanah longsor. Hutan kita menyimpan jutaan ton karbon, melindungi manusia dari dampak buruk perubahan iklim dan merupakan habitat berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

Hutan yang dijarah untuk sumber bahan bakar bukanlah energi yang terbarukan dan akan membawa fungsi dan jasa lainnya yang dihasilkan hutan ke dalam bahaya. Penasehat ilmiah Komisi Eropa telah memastikan bahwa luas hutan-hutan di UE drastis menyusut. Hal sebagian disebabkan oleh maraknya penebangan demi bio energi.

Bukan saja hutan-hutan di Eropa menderita. UE juga selalu lebih banyak mengimpor pelet kayu dari USA, Kanada, Rusia, Ukraina bahkan Brazil. Industri kayu pelet di Amerika Utara tiap tahunnya menebang jutaan ton pohon untuk ekspor ke Eropa. Hal ini menyebabkan 86 LSM lingkungan di seluruh dunia mendukung petisi ini.

Kebijaksanaan energi terbarukan yang salah dimengerti ini, karena merusak hutan, iklim dan kualitas udara, dibiayai dengan subsidi. Padahal subsidi itu seharusnya ditujukan bagi energi yang “bersih dan hijau”. Tahun 2017 15 negara anggota UE telah memberikan subsidi lebih dari 6,5 milar Euro bagi pembakaran kayu sebagai perolehan energi. Di seluruh UE jumlah subsidinya bahkan jauh lebih besar lagi.

Surat

Yang terhormat Ibu-ibu dan Bapak-bapak,

Melestarikan alam dan mencegah dampak paling buruk dari perubahan iklim membutuhkan sebuah tekat yang sungguh-sungguh untuk melindungi dan merestorasi hutan alam.

Namun para pemimpin negara dan pemerintahan UE mengubur usaha bersama kita memperjuangkan kelestarian hutan dan planet kita. Dengan adanya kebijaksanaan UE untuk membakar kayu yang berasal dari hutan yang katanya demi energi terbarukan yang “bebas karbon”, maka penebangan hutan dan hal yang berhubungan dengannya yaitu emisi gas rumah kaca semakin meningkat.

Menebang hutan dan membakarnya berdampak buruk bagi iklim, kesehatan manusia serta tumbuhan dan hewan yang hidup disana. Untuk mencapai tujuan energi terbarukan itu UE tiap tahunnya semakin menggantungkan diri dari pembakaran kayu. Dan konsumen membiayai, melalui pajak yang dipungut tiap tahunnya sebesar milyaran Euro, subsidi bagi penyelesaian masalah iklim yang salah ini.

Situasi jadi tidak menentu.

Oleh karena itu kami menuntut politisi UE dan negara-negara anggota UE untuk:

- Menghentikan subsidi dan bantuan lainnya bagi pembakaran kayu hutan dan kembalikan bantuan yang penting ini kepada efisiensi energi dan sumber energi yang betul-betul rendah emisi.

- Larang kebijaksanaan energi yang berasal dari pembakaran kayu hutan dari perhitungan target tujuan atas energi terbarukan.

- Menyatakan bahwa perlindungan dan restorasi hutan adalah prioritas dan memastikan bahwa semua politisi UE melindungi kesehatan kita, iklim dan biodiversitas.


Dengan hormat

Footnotes

Petisi ini tersedia dalam bahasa-bahasa berikut:

66.693 Pendukung

Bantulah kami mencapai 100.000:

aktivitas sebelumnya