Meksiko: kami pertahankan hutan hujan kami

Jaguar di hutan hujan Jaguar adalah simbol hutan hujan dari Los Chimalapas (Foto: Mat Hayward) (© Mat Hayward / Fotolia)

Pengusaha kayu dan ternak sapi berkat restu dari para politisi menguasai salah satu kawasan hutan hujan yang masih terisa. Di hutan di Los Chimalapas hidup beragam spesies yang terancam punah. Hutan itu juga tempat tinggal suku Indian Zoque yang menjaga kelestarian alam. Tolong tanda tangani petisi buat pemerintah setempat.

seruan

Kepada: Enrique Peña Nieto, Presiden Meksiko; Gabino Cué Monteagudo, Gubernur negara bagian Oaxaca

Tolong Anda bantu kelestarian surga hutan hujan di Los Chimalapas di Meksiko dari ancaman pengusaha kayu dan ternak hewan.

Membaca surat

Kawasan hutan hujan Los Chimalapas memiliki biodiversitas yang paling beragam di Meksiko: sedikitnya 146 jenis hewan mamalia, 140 jenis hewan reptil dan amfibi, 316 jenis burung dan 900 jenis kupu-kupu hidup disana.

Hutan di Meksiko tenggara adalah juga tempat tinggal turun temurun dan wilayah yang diakui suku Indian Zoque. Dengan pola kehidupan tradisionalnya dan ramah lingkungan suku Zoque berhasil menjaga kelestarian alam mereka. Datangnya ancaman dari luar yang semakin banyak menyebabkan mereka harus terus mempertahankan 600.000 hektar hutan hujan yang terletak di negara bagian Oaxaca.

Jumlah perusahaan kayu dan ternak hewan yang memasuki Los Chimalapas semakin banyak. Mereka masuk dari arah timur, dari tetangga negara bagian Chiapas. Sementara pemerintah Chiapas mendukung pendudukan dan persengkataan ini, pemerintah pusat Meksiko dan negara bagian Oaxaca malah hanya menyaksikan saja.

Akibatnya bagi alam, biodiversitas dan suku Zoque adalah sangat fatal. Salah satu hutan hujan yang tersisa di Meksiko terancam punah. Suku Zoque telah memblokir jalan kendaraan: „Tanah ibu pertiwi tidak boleh di rampas! Penduduk Chimalapas berjuang mempertahankan hidupnya!“, begitu yang tertulis di papan slogan mereka.

Dibawah kepemimpinan gubernur Oaxaca pada tanggal 1 April telah berlangsung dialog mencari solusi dari konflik tersebut. Suku Zoque akan membuka jalan yang mereka blokir yang menjadi hubungan dari Oaxaca ke Chiapas dan Veracruz.

Namun masih belum pasti apakah para politisi serius. Oleh sebab itu suku Zoque dan aktivis lingkungan di Meksiko mengharap bantuan internasional. Jika para politisi merasakan bahwa juga di luar negeri penebangan hutan hujan ditanggapi dengan keresahan, maka akan besar kesempatan bagi manusia dan alam. Tolong tanda tangani petisi disebelah kolom ini.

Surat

Kepada: Enrique Peña Nieto, Presiden Meksiko; Gabino Cué Monteagudo, Gubernur negara bagian Oaxaca

Yang terhormat Bapak Presiden Nieto, yang terhormat Bapak Gubernur Cué,

seperti yang pasti Anda ketahui, wilayah Los Chimalapas, Oaxaca memiliki biodiversitasnya yang paling kaya di Meksiko dan Mesoamerika. Berkat pandangan keduniaannya, pola hidupnya dan mobilisasi berulang-ulang dari suku Zoque, pewaris tradisi wilayah, kelestarian hutan hujan seluas 600.000 hektar bisa dipertahankan.

Namun bagian timur Los Chimalapas kini diduduki oleh perusahaan kayu dan ternak hewan yang berasal dari tetangga negara bagian Chiapas.160.000 hektar hutan dengan dukungan pemerintahan Chiapas telah dijarah.

Kami juga tahu bahwa sejak itu masyarakat di Los Chimalapas melakukan perjuangan damai bersejarah yang berani untuk mempertahankan wilayahnya dan kekayaan alamnya yang luar biasa. Masyarakat setempat selalu melakukan mobilisasi untuk mencegah invasi wilayah, seperti yang baru-baru ini telah mereka lakukan.

Sebagai pemimpin pemerintahan Meksiko dan Oaxaca, maka tindakan langsung dan berguna untuk menghentikan invasi wilayah dan perampasan alam adalah berada di tangan dan itikad baik politik Anda. Tolong Anda langgengkan hak kolektiv suku Zoque dan disamping itu hindarkan iklim kekerasan sosial di kawasan tersebut.

Saya sebagai pencinta alam dan pembela hak asasi manusia memohon segera.

Dengan hormat

Petisi ini tersedia dalam bahasa-bahasa berikut:

Tolong tandatangani

Bantulah kami mencapai 200.000:

158.993
aktivitas sebelumnya