Penyelamat hutan hujan – lokal dan seluruh dunia

Peta dunia wilayah hutan hujan Mitra dari Selamatkan Hutan Hujan aktif disemua tiga benua dengan hutan hujan tropis (© Rettet den Regenwald)

1 Feb 2022

Penyelamatan hutan hujan yang tersisa adalah tugas global. Untuk itu Selamatkan Hutan Hujan mendukung mitranya di Amerika Selatan, Afrika dan Asia dalam aksi dan kampanye mereka. Setelah berpuluh-puluh tahun tumbuhlah jaringan kerja yang luar biasa yang melibatkan kelompok-kelompok berbasis lokal dengan publikasi di negara-negara industri.

Perjalanan ke tempat mitra kami di Amerika Latin, Afrika dan Asia Tenggara menggambarkan contoh-contoh pekerjaan di lokasi.

Baca lebih lanjut tentang mitra Selamatkan Hutan Hujan di Amazonia, Afrika dan Asia Tenggara

Penjaga Xingu di Brazil

Proyek menolong diri sendiri di Afrika

Hutan adat dan perhutanan sosial di Indonesia

Masyarakat adat, kelompok-kelompok lokal dan LSM lingkungan, merekalah yang berperan penting dalam melindungi hutan hujan. Mereka berada di lokasi, mengenal wilayahnya dan mengetahui cara hidup bersama hutan. Kepada merekalah seharusnya kita berorientasi. Juga mereka hingga kini dengan pola hidup yang ramah lingkungan terus menjaga kelestarian ekosistim. Mitra Selamatkan Hutan Hujan sering mengadakan patroli melewati hutan rimba yang luas. Mereka menjaga hutan dari invasi para penebang kayu, perusahaan pertambangan dan perkebunan, peternak hewan serta spekulan tanah.

Namun kebebasan bergerak aktivis dan kelompok perlindungan lingkungan sangat dibatasi ditahun lalu, termasuk pekerjaannya. Karena adanya lockdown mereka tidak boleh meninggalkan rumah atau desanya. Banyak masyarakat adat dengan sukarela mengisolasikan dirinya untuk melindungi komunitasnya, sehingga mereka tidak mendapatkan pertolongan dari luar.

Sebagian besar mitra LSM kami tahun lalu dalam waktu pendek bergantung pada pertolongan darurat. Sementara berbagai pemerintahan, politisi, perusahaan dan spekulan tanah sering memanfaatkan pandemi ini untuk mengirim pekerja, penebang kayu dan buldoser dan membuat fakta semu.

Jaringan Selamatkan Hutan Hujan melihat kembali tahun yang sulit. Sebuah perjalanan dunia menelusuri daerah-daerah hutan hujan menunjukkan adanya tantangan yang berbeda-beda dan memberi pandangan tentang keadaan hutan hujan tropis di dunia.

Baca lebih lanjut tentang mitra Selamatkan Hutan Hujan di Amazonia, Afrika dan Asia Tenggara

Penjaga Xingu di Brazil

Proyek menolong diri sendiri di Afrika

Hutan adat dan perhutanan sosial di Indonesia